Tuesday, October 4, 2016

Tanaman Bandotan dan Manfaatnya

Bandotan di ambil dari nama melayu ini juga memiliki nama latin yakni agertum conyzoides L ini memiliki ciri - ciri batang tegak dan terbaring, daunnya tunggal , bulat telur, ujung runcing , pangkalnya tumpul , tepi beringgit, panjang kurang lebih 3 - 4 cm , lebar 1- 2,5 cm , pertulangannya menyirip, tangkainya pendek , berwarna hijau.
- Ciri dari bunga nya : majemuk , di ketiak daun , bongkol menyatu menjadi karangan , bentuk malai rata, panjang nya bongkol menyatu menjadi karangan , panjangnya 6 - 8 mm, tangkainya berrambut, kelopaknya berbulu , berwarna hijau,mahkotanya berbentuk lonceng, putih atau ungu.
- Ciri dari segi buahnya bulat panjang , bersegi lima , gundul atau berambut jarang ,berwarna hitam .
- ciri dari segi bijinya kecil berwarna hitam,
Akar nya tunggang ,putih kotor.
Khasiat 
Daun Bandotan ( agertum conyzoides L ) berkhasiat sebagai obat luka baru dan obat wasir
untuk obat luka baru anda bisa pakai kurang lebih 5 gram daun segar bandotan di cuci kemudian di tumbuk sampai lumat kemudian di tempelkan pada luka dan di balut .
Sumber : www.tokopedia.com
Daun dan bunga bandotan sendiri mengandung kandungan kimia yakni saponin , flavonodia dan polifenol , di samping itu daunnya juga mengandung minyak atsiri .

Berkomentarlah yang sopan tanpa mengandung SARA, pornografi, perjudian atau hal kriminal lainnya, komentar spam tidak akan di publikasikan.terima kasih