Friday, July 15, 2016

Khasiat daun sirih untuk pengobatan alami radang gusi

Pengobatan secara herbal merupakan salah satu metode pengobatan yang sangat dipercaya oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Oleh karena itu tentu saja daun sirih sangat dikenal dalam fungsinya sebagai tanaman obat. Daun sirih yang mempunyai nama ilmiah piper betle linn telah dipercaya secara turun temurun untuk digunakan sebagai tanaman obat pada beberapa penyakit.
Image Credit : www.gayahidupku.com
Aroma yang khas akan terasa apabila daun ini diremas atau dikunyah, ini dikarenakan adanya kandungan zat kimia tertentu. Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat,kalsium , protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri.
Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut.  Sifat-sifat yang dimiliki minyak atsiri inilah yang mampu mengurangi peradangan gusi, dimana keradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada dalam karang gigi. Berdasarkan suatu penelitian daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi terhadap jenis bakteri dalam rongga mulut seperti streptococcus viridans dan staphilocccus aureus.
Terdapat berbagai macam cara pengolahan daun sirih, guna mendapatkan kandungan yang diperlukan, tetapi cara merebus adalah yang paling murah dan mudah. Hasil rebusan tersebut kita gunakan untuk berkumur . Dibutuhkan 10-15 gram daun sirih dan direbus dengan 100 ml air putih kemudian menjadi rebusan sebanyak 75 ml. Berkumur dengan rebusan air daun sirih ini dapat mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga pembentukkan karang gigi  tidak terjadi dan keradangan gusi dapat dicegah.
Sumber : klikdokter.com


Berkomentarlah yang sopan tanpa mengandung SARA, pornografi, perjudian atau hal kriminal lainnya, komentar spam tidak akan di publikasikan.terima kasih